Renungan untuk remaja usia 12 – 18 tahun

Tema : Teknologi diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia bukan untuk menjadikan manusia hidup dalam kemalasan.

Bacaan : Amsal 12:24: “Tangan orang rajin memegang kekuasaan, tetapi kemalasan mengakibatkan kerja paksa.”


Pernah gak kamu berpikir tentang apa yang akan terjadi di masa depan? Kira-kira teknologi apa lagi ya yang akan kita temukan? Mungkin, akan ada orang yang menemukan mesin waktu, atau robot yang memiliki kemampuan seperti manusia. Atau bisa juga, pesawat yang memiliki kecepatan cahaya sehingga kita bisa jalan-jalan ke luar planet bumi. Pokoknya, komputer, robot, internet atau teknologi lain yang sudah ada sekarang ini, pasti makin hari akan makin canggih.

Nah, kalau kita mengenang masa lalu, kira-kira apa yang kamu ingat? Ingat gak sama yang namanya mesin ketik, mesin yang saat ini sudah tergantikan oleh komputer? Coba deh tanya sama papa atau mama gimana caranya mengetik pake mesin ketik. Pokoknya, jika dibandingkan sama komputer kita yang udah make teknologi Microsoft Word…ngerjain tugas pake mesin ketik itu bisa jadi ribet abis loh…

Well, jujur aja, kita di masa kini memang sudah mulai mengandalkan kemajuan teknologi dalam usaha untuk mempermudah pekerjaan kita sehari-hari. Bikin PR, paper atau makalah, semuanya udah disiapin sama komputer. Sampai nycui baju pun udah pake mesin cuci segala. Hati-hati, jangan sampai kita keasyikan dengan kemudahan itu dan akhirnya kita jadi bergantung pada teknologi.

So, sebagai anak Tuhan, kita tentunya harus tau bagian mana yang akan kita ambil dan bagian mana yang akan kita tinggalkan. Kalau kita masih bisa ngitung pake otak, ngapain sih minta tolong sama kalkulator yang bisanya cuma ngebodohin kita? Atau, kalau kita bisa nyuci baju pake tangan, ngapain pake mesin cuci yang boros listrik? Jangan sampai teknologi itu membuat kita malas berpikir dan bergerak. Wah, bisa parah deh kalo sampe segitunya.

Ingat guys, Tuhan menciptakan kita dengan segala kemampuan dan talenta. Kalau Tuhan gak menciptakan otak, gak mungkin loh ada teknologi. Tapi, jangan sampai kebalik ya! Jangan sampai kalau gak ada teknologi, kita jadi gak bisa ngapa-ngapain. Teknologi itu ada untuk memudahkan kita, bukan untuk menjadikan diri kita malas. Kalau kamu merasa susah untuk berpikir atau bekerja, coba kamu berdoa pada Tuhan supaya dimampukan. Yakin deh, Tuhan pasti akan memampukan. Yang penting, tetap gunakan otak dan tangan kita selama kita masih mampu supaya kita gak terlalu bergantung lagi pada teknologi.

Tapi masalahnya sekarang, rela gak kamu ninggalin kemudahan yang ditawarin sama kemajuan Iptek dan lebih memilih untuk bekerja keras dalam berpikir dan bekerja?

Hayo… Anak Tuhan pasti pilih jawaban yang tepat. God Bless You!

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s